Mengenal, mengetahui dan memahami penyebab jerawat, pencegahan dan penanganan secara alami dan tuntas

obat jerawat

Cara Alami Mencegah Timbulnya Jerawat

Orang-orang yang hidup di negara maju, banyak yang mengalami penderitaan akibat jerawat pada suatu titik waktu dalam bagian hidupnya. Hampir 80% atau lebih remaja akan mengalami timbulnya jerawat di wajahnya. Ini adalah proses alami.

Dari pada mencari permasalahan dan akar penyebab timbulnya jerawat, mayoritas orang lebih memilih cara praktis dengan menggunkan krim, pembersih dan terkadang obat-obatan untuk meringanka gejala timbulnya jerawat. Apa yang dilakukan banyak orang ini memang akan membuahkan hasil lebih cepat namun hanya untuk beberapa waktu saja, jarang yang hasilnya menjadi sembuh secara permanen.

Sebab ini terutama karena kebanyakan kita tidak mempertimbangkan faktor-faktor diet dan gaya hidup yang menjadikan tumbuhnya jerawat di tubuh.

Pendekatan masalah berdasarkan gejala ini mengingatkan kita pada contoh kasus 'keran air yang rusak dan airnya menyembur kuat ke atas, tentu reaksi pertama kita adalah dengan segera ingin menutup semburan itu. 

Jika kita mencoba berpindah tempah sedikit saja, maka air tersebut akan kembali menyembur ke mana-mana. Namun setelah berpikir lebih jernih dan tenang, maka kita akan mencoba cara lain, yaitu dengan mencari sumber air dan menutup sumbernya jika ada krannya.

Ketika kita melihat orangorang menggunakan krim, pembersih dan obat-obatan untuk mengatasi masalah jerawat, kita akan berpikir bahwa mereka mencoba sangat keras untuk memecahkan maslaah mereka, sama seperti ketika ada kasus tersebut di atas, berjuang untuk menahan air agar tidak menyembur, ketika ada solusi lain yang lebih efektif dan permanen.

Berbagai macam krim pembersih dan obat-obatan bisa menyembuhkan namun bersifat sementara, tapi tidak akan akan menjadi lebih baik dengan cara mencegah timbulnya jerawat. Sehingga mencegah timbulnya jerawat itu akan jauh lebih baik dari pada mengobatinya.

mencegah timbulnya jerawat dengan sayur buah
Sayur dan Buah bagus untuk kesehatan termasuk masalah kulit seperti jerawat


Berikut adalah beberapa cara alami untuk membantu mencegah timbulnya jerawat pertama: 

  1. Makan terutama  makanan yang tidak diolah, dengan sayuran membuat setidaknya 50% dari total volume diet Anda. Spesifikasi diet ideal Anda tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis tubuh Anda, latar belakang etnis, riwayat kesehatan, dan status kesehatan saat ini. 
  2. Menghindari atau mengurangi asupan pemicu umum jerawat; produk susu pasteurisasi, gorengan, minyak terhidrogenasi, gula, snack asin, pengawet seperti sulfat, dan makanan yang diproses yang mengandung gluten. 
  3. Jangan menggosok jerawat Anda dengan handuk kasar . Menggosok jerawat Anda secara kasar dapat menyebabkan infeksi yang mendasari untuk menyebarkan jerawat, yang dapat mengakibatkan bintik-bintik baru. Kadang-kadang, menggosok abrasif dapat membuat iritasi untuk menyebabkan infeksi yang menyebabkan jerawat. Alih-alih menggosok wajah Anda kering setelah mencuci, biasakan untuk menepuk sampai kering. 
  4. Pastikan asupan rutin makanan sehat yang mengandung vitamin A. 
  5. Pastikan cukup tidur untuk merasa segar saat bangun. Ini adalah selama dalam, tidur nyenyak membuat tubuh  efisien memperbaiki kulit yang rusak. 
  6. Gunakan sabun dan make-up sedikit mungkin. Menggunakan sabun setiap hari hanya diperlukan jika Anda bekerja dengan gas, batu bara, atau minyak. Bagi kebanyakan orang yang tidak memakai make up, mencuci dengan air dingin cukup untuk memiliki kulit bersih dan sehat. Mencuci dengan hanya air dingin adalah apa yang orang lakukan sepanjang sejarah manusia.
  7. Jika cuaca memungkinkan, ekspos kulit Anda agar tekrna sinar matahari setiap hari, bahkan hanya selama beberapa menit saja. Hanya pastikan untuk tidak membakar diri sendiri. Sinar matahari alami memiliki penyembuhan yang luar biasa dan kekuatan penyembuhan untuk kulit Anda. 
  8. Pertimbangkan mengkonsumsi probiotik berkualitas tinggi. Memiliki banyak bakteri baik yang hidup di usus Anda akan memberikan perlindungan terhadap racun yang dapat berkontribusi untuk pembentukan jerawat. Banyak bakteri baik dalam usus Anda juga berguna untuk sistem kekebalan tubuh, yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. 
  9. Jika Anda tidak melihat perubahan secepat seperti yang Anda inginkan, pertimbangkan untuk minum jus, yang dapat mempercepat penyembuhan kulit Anda.

Tulisan tentang cara alami mencegah timbulnya jerawat ini disarikan dari tulisan Dr. Ben Kim dalam situs blog pribadinya.

Terima Kasih! Jangan Lupa Kunjugi lagi jerawatsih.blogspot.com
Tag : alami
0 Komentar untuk "Cara Alami Mencegah Timbulnya Jerawat"

Dilarang melakukan spam. Hanya komentar yang berhubungan dengan isi artikel yang disetujui untuk ditampilkan dengan setidaknya satu baris kalimat dengan jumlah minimal 4 kata.

Back To Top