Mengenal, mengetahui dan memahami penyebab jerawat, pencegahan dan penanganan secara alami dan tuntas

obat jerawat

10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat, Pilih Satu

Setidaknya ada 10 cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Namun cara ini hanya dianjurkan bagi anda yang sabar dan disiplin. 

Jika Anda memenuhi 2 kriteria tersebut, silahkan lanjutkan untuk membaca cara alami apa saja untuk menghilangkan bekas jerawat.

Sebelum mempraktekan cara untuk hilangkan bekas jerawat, kita pahami terlebih dahulu mengapa bekas jerawat bisa terjadi.

Timbulnya Bekas Jerawat

Bekas jerawat terjadi setelah beberapa hari dan pada akhir dari pertumbuhan jerawat. Bintik jerawat akan terjadi ketika folikel rambut atau pori-pori kulit dipenuhi minyak yang banyak, sel kulit mati dan bakteri. Ketika itu terjadi pori-pori membengkak membuat sebuah retakan di bagian pembagi foliel. Jika retakan kulit terjadi dekat dengan permukaan kulit maka rasa sakit akan sedikit dan akan sembuh dengan cepat, dan sebaliknya jika retakan lebih dalam akan lebih sakit dan lebih lama sembuhnya. Seperti cara kerja kulit lainnya ketika terjadi luka maka akan timbul bekasnya yang biasanya berwarna hitam. Semakin dalam lukanya maka akan semakin dalam bekas yang terjadi sehingga perlu proses yang lebih lama untuk dihilangkan dalam proses perbaikan kulit secara alaminya.

Jika bekas lukas tersebut tidak diperlakukan secara tepat, ada kemungkinan jerawat akan tumbuh kembali ditempat yang sama sehingga jaringan kulit yang menjadi bekas jerawat akan semakin dalam dan lebih banyak waktu lagi untuk menghilangkan bekasnya.

Oleh sebab itu, selain berusaha untuk menghilangkan bekas jerawat, kita juga perlu perlakukan yang tepat, yaitu selalu menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci muka secara teratur. Selain itu perlu juga untuk menjaga kebersihan sekitar seperti kebersihan handuk, pakaian, dan tempat tidur.

cara cara hilangkan jerawat secara alami
Cara hilangkan bekas jerawat dengan bahan alami


10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat

Kemudian untuk mempercepat proses penyembuhan dan penghilangan bekasnya, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang diterapkan langsung pada wajah.

1. Minum banyak air untuk menyingkirkan bekas jerawat:

Air bertindak sebagai agen pembersih untuk kulit. Air memurnikan kulit dan membantu untuk membersihkan kulit. Minum 3-4 liter air setiap hari untuk menyingkirkan bekas jerawat alami cepat. Air membantu dalam prose pergantian kulit dan menghilangkan semua kotoran kulit.

2. Menghilangkan bekas jerawat dengan memiliki pola makan yang sehat:

Mempertahankan diet seimbang dan makan sehat. Makanan sehat dan bergizi membantu untuk membuat kulit baru dan sehat. Diet sehat meningkatkan kekebalan terhadap infeksi yang mungkin meningkatkan bekas jerawat. Bekas jerawat dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Diet sehat membantu dalam mencegah perubahan warna atau pigmentasi kulit. Diet sehat dan bergizi adalah cara yang paling efektif untuk menyingkirkan bekas jerawat alami cepat.

3. Gunakan produk pembersih minyak makeup

Gunakan produk pembersih minyak, makeup non-greasy. Ada banyak produk kosmetik alami buatan yang tersedia untuk kulit sensitif. Selalu bersihkan makeup sebelum tidur. akan akan membantu mengurangi perkembangan jerawat dan membantu menyingkirkan bekas jerawat.

4. Gunakan Mentimun

Potong mentimun dan tempelkan pada wajah (khususnya yang ada bekas jerawatnya) selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Mentimun memiliki efek dingin yang akan menjaga kulit tetap halus. Ini akan membantu membersihkan kotoran di kulit. Mentimun banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan untuk menyembuhkan masalah kulit. 

5. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sangat terkenal untuk mengobat luka dan bekasnya. Gunakan jus lidah biaya atau jelnya pada bekas jerawat. Biarkan mengering selama sekitar 1 jam lalu bersihkan dengan air hangat. Terapkan cara ini setiap hari untuk hasil maksimal. Lidah baya adalah obat untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

6.Gunakan Minyak Zaitun

Jika di dapur anda ada minyak zaitun, yang biasanya digunakan dalam makanan, ini dapat digunakan sebagai zat yang efektif bagi kulit. Pijak dengan minyak zaitun pada area kulit yang ada bekasnya. Ini akan membantu dalam memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi bekas jerawat secara alami.

7. Gunakan Cendana dan Bunga Mawar

Campur Cendana dengan air mawar sampai menjadi pasta. Oleskan pasta pada bekas jerawat. Biarkan selama 1 jam agar mengering. cuci dengan air. Cendana sendiri memiliki efek pendinginan yang menenangkan kulit. 

8. Gunakan Jus Lemon Segar

Campur jus lemon segar dan air dengan jumlah yang sama. Oleskan campuran itu pada wajah. Lalu cuci dengan air setelah dibiarkan selama 15 menit. Jus lemon ini berfungsi sebagai pemutih kulit alami. Ini akan membantu dalam memudarkan bekas luka.

9. Gunakan Madu Alami

Seperti pada artikel-artikel sebelumnya yang telah membahas lebih komplit penggunaan madu untuk jerawat. Madu melembabkan kulit dan menetralkan. Terapkan madu asli langsung pada bekas jerawat atau bekas luka dan biarkan sampai kering kurang lebih 30 menit. Lalu bilas muka dengan air hangat.

10. Gunakan Baking Soda (soda kue)

Baking soda akhir-akhir ini menjadi bahan yang populer dalam masalah jerawat. Campur satu sendok teh baking soda dengan 3 sendok teh air, campur hingga menjadi pasta. Oleskan pada seluruh wajah yang memiliki bekas jerawat. Gosok lembut dengan gerakan melingkar selama sekitar 3 menit. Bilas dengan air hangat. 


Tips Tambahan:

  1. Gunakan salah satu cara diatas selama beberapa minggu untuk melihat hasilnya dan untuk memeriksa mana pengobatan yang bekerja lebih cepat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.
  2. Kunci dari kerberhasilan pengobatan alami adalah kesabaran. Bekas jerawat akan memudar secara perlahan dalam hitungan minggu ketika kolagen baru akan mengisi daerah kulit yang ada bekas.
  3. Hindari memencet jerawat karena akan meninggalkan bekas lukas yang jelek.
  4. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.



Terima Kasih! Jangan Lupa Kunjugi lagi jerawatsih.blogspot.com
Tag : alami, tips
0 Komentar untuk "10 Cara Alami Hilangkan Bekas Jerawat, Pilih Satu"

Dilarang melakukan spam. Hanya komentar yang berhubungan dengan isi artikel yang disetujui untuk ditampilkan dengan setidaknya satu baris kalimat dengan jumlah minimal 4 kata.

Back To Top