Mengenal, mengetahui dan memahami penyebab jerawat, pencegahan dan penanganan secara alami dan tuntas

obat jerawat

Cara Alami Membersihkan Komedo pada Wajah dan Hidung

Munculnya komedo pada wajah, terutama bagian hidung sering membuat kesal orang. Apalagi jenis komedo terbuka, yang mengakibatkan timbulnya bintik-bintik hitam pada permukaan pori-pori kulit. Ini membuat penampilan menjadi kurang indah dipandang.

Sebenarnya bagaimana komedo bisa timbul? Untuk mencari jawaban hal ini Anda bisa mencoba untuk membaca artikel tentang berbagai jenis jerawat yang perlu diketahui. Anda akan sedikit tahu bagaimana proses munculnya komedo, sehingga lebih paham cara mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas tips cara alami membersihkan komedo pada wajah dan hidung. Dengan cara-cara alami diharapkan hidup lebih jauh sehat. Namun satu hal yang perlu disadari, dalam proses cara alami, membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan produk kimia, sehingga sabar, rutin dan telaten menjadi kunci keberhasilan.

Apa itu Komedo Terbuka?

Komedo terbuka atau komedo hitam adalah bintik-bintik hitam kecil pada wajah yang muncul pada permukaan pori-pori kulit berupa kotoran campuran minyak dan kotoran yang mengeras, ini adalah awal jerawat. Koedoa adalah pori-pori kulit yang tersumbat yang penuh dengan kulit mati (keratin), dan minyak (sebum). Komedo terjadi terutama pada bagian wajah dan hidung dan merupakan masalah umum yang terjadi di kalangan remaja khusunya mereka yang memilik kulit berminyak. Silahkan baca tentang Jenis-jenis kulit. Komedo sendiri adalah tahap awal timbulnya jerawat, sebelum bakteri memasuki pori-pori yang tersumbat.

komedo hitam pada hidung
komedo hitam
Jadi, jika Anda tidak menginginkan timbul jerawat di wajah, segeralah untuk membersihkan komedo dari wajah Anda serta jangan membiarkan bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit, terutama yang berkomedo.

Tips Cara Alami bersihkan komedo

Mari kita ikuti tips sederhana dan alami berikut ini untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo dengan bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah.

1. Gunakan Pasta Gigi

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Caranya: Oleskan tipis-tipis pasta gigi di atas komedo. Biarkan mengering selama 25 menit dan cuci wajah anda dengan lembut menggunakan air hangat. Lap wajah dengan handuk bersih dengan cara tepukan lembut. Lakukan sehari sekali selama 2 minggu dan lihat hasilnya.

2. Gunakan Buah Tomat Merah

buah tomat untuk membersihkan jerawat

Buah tomat mengandul sifat antiseptik alam yang akan mengeringkan komedo. Ambil sebuah tomat merah secukupnya, kupas kulitnya dan tumbuk sampai halus. Oleskan tumbukan tomat itu pada komedo sebelum tidur. Biarkan menjadi maskes sepanjang malam selama tidur. Lalu cuci muka dengan air bersih saat bangun di pagi hari.

3. Gunakan Madu

madu sebagai obat komedo

Ya, madu menjadi bahan alami yang paling sering dibahas dalam situs ini sebagai obat anti jerawat. Madu memang memilik banyak khasiat. Antiseptik yang terkandung dalam madu akan mengatasi kelebihan minyak pada kulit. silakan baca tentang cara-cara menggunakan madu untuk perawatan wajah Anda.

4. Gunakan Buah lemon

lemon untuk hilangkan komedo

Untuk buah yang satu ini, mungkin agak susah mendapatkannya untuk Indonesia. Anda perlu membelinya di supermarket. Jika dirumah Anda tersedia buah lemon, peras beberapa tetes jus lemon dalam mangkuk, tambahkan garam dan aduk campuran dengan baik. Cuci wajah anda dengan air hangat dan oleskan campuran lemon-garam pada komedo. Biarkan selama kurang lebih 20 menit dan cuci wajah anda dengan air hangat kembali.

5. Gunakan Putih Telur

putih telur hilangkan komedo

Putih telur juga merupakan salah satu bahan untuk menhilangkan komedo. Ambil 1-2 butir telur lalu pisahkan kuning telurnya. Campur putih telur dengan satu sendok makan madu. Oleskan campurkan itu pada daerah kulit yang berkomedo. Biarkan mengering selam 30 menit lalu cuci dengan air hangat.

6. Kayu manis + Jeruk Nipis

kayu manis untuk bersihkan komedo

Ada jeruk nipis dan kayu manis di dapur Anda? Gunakan untuk membersihkan komedo dari wajah atau hidung Anda. Campur dengan jumlah 1:1 kayu manis dan air jeruk nipis sampai menjadi pasta kental. Oleskan pasta tersebut pada bagian komedo, biarkan semalam saat tidur. Cuci wajah dengan air hangat setelah bangun pagi.

Itulah beberapa cara alami untuk membersihkan dan menghilangkan komedo dari wajah dan hidung anda. Silahkan pilih salah satu dari cara-cara tersebut. (sumber:medindia.net)

Terima Kasih! Jangan Lupa Kunjugi lagi jerawatsih.blogspot.com
Tag : alami, tips
0 Komentar untuk "Cara Alami Membersihkan Komedo pada Wajah dan Hidung"

Dilarang melakukan spam. Hanya komentar yang berhubungan dengan isi artikel yang disetujui untuk ditampilkan dengan setidaknya satu baris kalimat dengan jumlah minimal 4 kata.

Back To Top