Mengenal, mengetahui dan memahami penyebab jerawat, pencegahan dan penanganan secara alami dan tuntas

obat jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat: Pencegahan dan Pengobatan Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat tidak boleh asal-asalan. Kita harus memahami terlebih dulu kondisi dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat.

Jerawat sendiri adalah suatu kondisi kulit yang terjadi pada 80% remaja dan usia dua puluhan bahkan 5% orang dewasa. sebagian orang sembuh dari jerawat tanpa adanya efek yang permanen, namun ada sebagian yang memiliki bekas jerawat.

Namun, tentu saja setiap orang tidak mau memiliki bekas jerawat di wajahnya. Sayangnya menghilangkan bekas jerawat sedikit lebih sulit dari pada menyingkirkan jerawat itu sendiri. Namun tetap saja bisa dilakukan jika kita melakukannya dengan benar.

Mengobati bekas jerawat akan sedikit lebih sulit dari pada menghilangkan jerawat sebenarnya. Jerawat dapat diobati secara alami dengan banyak bahan yang memiliki sifat anti-inflamasi atau antibakteri yang berlimpah di alam. Namun, bekas luka jerawat yang sedikit lebih bandel karena tidak bisa hilang dengan mudah.

Cara yang akan dijelaskan berikut ini mungkin memerlukan beberapa waktu, namun upaya yang biasanya menggunakan zat pemutih alami tertentu serta bahan-bahan lainnya dapat meringankan bekas jerawat Anda dan secara bertahap menghapusnya secara permanen.

upaya menghilangkan bekas jerawat
Bekas Jerawat Di Wajah


Upaya Pencegahan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati

sebelum kita lebih jauh membahas mengenai beberapa pengobatan alami dengan bahan "dapur" yang dapat menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya kita ikuti kata bijak tersebut.  Ada hal-hal tertentu yang harus Anda hindari untuk mencegah pembentukan bekas luka di tempat pertama. Sehingga Anda tidak memiliki bekas luka bahkan jika Anda berjerawat!

Jangan Memainkan Jerawat

Jauhkan tangan Anda dari jerawat! Jangan disentuh, atau bahkan dipencet, anda harus membiarkan saja kecuali ketika mengoleskan obat pada jerawat.  Apa pun yang Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat, melakukannya dengan tangan lembut.

Ketika Anda berjerawat, ada peradangan intens pada kulit wajah Anda dan ada hilangnya kolagen. Kolagen adalah serat protein, salah satu komponen dari kulit yang memberikan kulit elastisitasnya. Ketika Anda menekan atau memencet jerawat Anda, itu mengarah untuk lebih membuat peradangan dan luka pada kulit Anda. Hal ini juga menyebabkan bakteri dan nanah di jerawat Anda masuk lebih jauh ke dalam kulit Anda yang mengakibatkan hilangnya kolagen lebih banyak lagi, yang berarti bekas luka akan lebih dalam di wajah Anda.

Jangan biarkan bekas luka terkena sinar matahari

Tubuh Anda mampu merawat bekas luka Anda dan akan menjadi lebih ringan dengan berjalannya waktu. Namun, jika luka jerawat terkena sinar matahari, proses penyembuhannya akan lebih lambat dan bekas luka akanlebih gelap. Jika ada kepentingam untuk pergi keluar di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya untuk menjaga kulit Anda dan juga menutup diri dengan topi, payung, pakaian-apa pun untuk menghindari sinar matahari.

Solusi Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada berbagai bahan alami yang dapat Anda terapkan pada bekas jerawat untuk menghilangkannya dari wajah Anda.

Baking Soda

Baking soda adalah obat yang populer untuk menghilangkan bekas jerawat melalui efek pengelupasannya. Baking  dicampur dengan air menghilangkan lapisan kulit mati dari wajah Anda tanpa peradangan yang disebabkan selama penggunaan.

menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda
pasta baking soda
Cara menggunakan baking soda untuk bekas jerawat

  1. Ambil beberapa sendok teh baking soda dan campur air sehingga terbentuk pasta yang konsisten.
  2. Pijat lembut wajah Anda dengan pasta ini dengan berfokus pada bekas jerawat.
  3. Setelah memijat selama 1-2 menit, biarkan pasta ada pada wajah selama beberapa menit.
  4. Sekarang cuci dengan air hangat.
  5. Olesi beberapa pelembab, sebaiknya minyak zaitun.
  6. Ulangi proses dua atau tiga kali seminggu.


Tomat  

Tomat Merah juga dapat menghilangkan bekas luka dari wajah Anda. 
Cara menggunakan tomat untuk bekas jerawat 

Ada dua cara yang bisa dilakukan. 

Pertama, cara yang sederhana. 

  1. Ambil tomat merah matang dan memotongnya menjadi beberapa bagian. 
  2. Hancurkan potongan untuk membuat bubur tomat. 
  3. Oleskan bubur tomat ini pada wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit. 
  4. Cuci wajah Anda. 
  5. Ulangi setiap hari ini untuk satu atau dua minggu.

hilangkan bekas jerawat dengan masker tomat
masker tomat
Kedua, Membuat masker tomat untuk menghilangkan bekas jerawat
Anda akan membutuhkan:

  • 2 buah tomat
  • 1 buah mentimun
  • 2 buah Alpukat

Caranya:

  1. Buat bubur dari tomat
  2. Parut mentimun dan alpukat, peras untuk mendapatkan jusnya.
  3. Campur ketiganya.
  4. Oleskan pada wajah Anda.
  5. Biarkan selama 15-20m menit.
  6. Cuci dengan air.

Madu


Cara-cara  menggunakan madu untuk bekas jerawat 
  • Oleskan madu pada bekas luka dan biarkan semalam. Cuci di pagi hari. 
  • Campur 2 sendok makan madu dengan ¼ cangkir oatmeal. Oleskan campuran ini pada bekas jerawat dengan lembut. Biarkan selama sekitar 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. 
  • Tambahkan ½ sdt bubuk kayu manis dengan 1 sdm madu dan oleskan pada bekas luka. Biarkan selama satu jam. Anda bahkan dapat menggunakannya dalam semalam. Kemudian cuci.

Terima Kasih! Jangan Lupa Kunjugi lagi jerawatsih.blogspot.com
Tag : alami
0 Komentar untuk "Menghilangkan Bekas Jerawat: Pencegahan dan Pengobatan Alami"

Dilarang melakukan spam. Hanya komentar yang berhubungan dengan isi artikel yang disetujui untuk ditampilkan dengan setidaknya satu baris kalimat dengan jumlah minimal 4 kata.

Back To Top