Mengenal, mengetahui dan memahami penyebab jerawat, pencegahan dan penanganan secara alami dan tuntas

obat jerawat

Mengenal Jenis-Jenis Tipe Kulit Wajah

Pada dasarnya kulit setiap orang adalah normal untuk dirinya, namun untuk merawat beragam jenis kulit, kita selalu mengelompokannya ke dalam beberapa jenis atau kategori.

Dengan memastikan jenis kulit Anda, adalah langkah awal yang penting untuk mengetahui bagaimana cara terbaik merawat kulit Anda, produk apa yang akan digunakan dan bagaimana agar dapat memiliki kulit yang sempurna.

jenis-jenis kulit manusia
4 jenis kulit


Cara Menentukan Jenis Kulit Anda: 

Cuci Wajah Anda. Cuci dengan pembersih yang lembut dan keringkan. Hapus make-up. Ini akan membersihkan diri dari minyak dan kotoran yang mungkin telah terakumulasi selama hari Anda, memberikan kulit Anda sebuah awal baru. Jangan berlebihan. 

Tunggu satu jam. Selama ini, kulit Anda harus kembali ke keadaan aslinya, karakteristik yang akan menentukan jenis kulit Anda. Berperilaku normal dan, tolong, jangan menyentuh wajah Anda. 

Lap wajah Anda dengan tisu. Perhatikan 'T-zone' - wilayah dahi dan hidung.

Tentukan Jenis Kulit Anda. Kulit dibagi menjadi 4 tipe yaitu; normal, berminyak, kering dan kombinasi.

  1. Kulit normal: menunjukan tidak ada minyak dan tidak mengelupas. Seharusnya terasa kenyal dan halus. Jika Anda memilikinya, anggaplah diri Anda beruntung.
  2. Kulit berminyak: ditandai dengan adanya minyak pada tisu. Sering juga terjadi orang berkulit minyak memiliki pori-pori besar dan kulit mengkilap.
  3. Kulit kering: akan terasa tegang atau terlihat ada serpihan kulit yang mati. Ini dikaitkan dengan pori-pori yang kecil. Moisturizing (melembabkan) penting untuk jenis kulit ini.
  4. Kombinasi: adalah jenis yang paling umum. Ini menunjukan ciri-ciri dari ketiga jenis kulit diatas. Biasanya, kulit berminyak di T-Zone dan cenderung normal sampai kering di area lain.


Ketahui masalah pada kulit Anda. Biasanya ada 2 masalah utama yang terjadi pada kulit, berdasarkan katergorinya.

  • Kulit Sensitif: Jika Anda memiliki kulit sensitif, wajah akan mudah bereaksi untuk produk kulit biasa. artinya bahwa ketika anda menggunakan produk biasa, wajah anda akan memerah, gatal atau berbentuk ruam.
  • kulit rawan jerawat: Bahkan jika Anda tidak lagi remaha, Anda masih bisa terkena jerawat, terutama jika Anda memiliki jenis kulit berminyak.
mengenal jenis kulit wajah
jenis-jenis kulit


Kulit Sensitif

Kulit sensitif bereaksi kuat terhadap faktor-faktor dan alergen yang tidak mempengaruhi kulit normal. Hal ini karena laye luar - stratum korneum -  memiliki fungsi penghalang melemah, sehingga dapat merusak lebih mudah. 

Tidak semua kulit sensitif adalah sama, bagaimanapun, dan orang yang berbeda dipengaruhi oleh hal yang berbeda. Kulit Beberapa orang mungkin sensitif terhadap kontak dengan produk tertentu, menyebabkan ruam atau eksim. Lainnya dipengaruhi oleh cuaca, diet, polusi, kosmetik atau bahkan stres. 

Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous memproduksi sebum terlalu banyak, atau minyak, yang dapat membuatnya terlihat mengkilap atau bahkan berminyak. Sebum berlebih juga dapat memblokir pori-pori dan menyebabkan jerawat. Daerah yang paling terkena adalah wajah, leher, dada dan punggung. 

Banyak Orang, memiliki kulit berminyak selama masa pubertas, tetapi beberapa orang memiliki kulit berminyak sepanjang hidup mereka, karena gen predisposisi atau hormon. Jika orang tua Anda memiliki kulit berminyak, anda mungkin memilikinya juga. Dan setiap perubahan hormonal - karena menstruasi, kehamilan, situasi emosional, transisi ke menopause - juga dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak. 

Kulit Kering

Kulit kering tidak memiliki kelembaban, meninggalkannya tampak kusam dan tak bernyawa, dan lebih rentan terhadap keriput, kondisi kulit dan reaksi alergi. 

Permukaan kulit Anda biasanya memegang sekitar 20% air tubuh kita. Komponen Skin termasuk lemak dan protein membentuk 'batu bata & mortir' struktur khusus untuk mempertahankan air ini. Jika mereka rusak, kulit Anda dengan cepat menjadi dehidrasi. 

Sebuah penghalang kulit melemah mengganggu kemampuan kulit untuk menjaga kelembaban yang terkunci. Jadi kulit kering memungkinkan menguap kelembaban, meninggalkan bahkan lebih kering dan lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Terima Kasih! Jangan Lupa Kunjugi lagi jerawatsih.blogspot.com
Tag : jenis
0 Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Tipe Kulit Wajah"

Dilarang melakukan spam. Hanya komentar yang berhubungan dengan isi artikel yang disetujui untuk ditampilkan dengan setidaknya satu baris kalimat dengan jumlah minimal 4 kata.

Back To Top